Pilihan transportasi yang cukup nyaman dan yang paling penting adalah aman adalah menggunakan kereta api karena kereta api sudah memiliki jalurnya sendiri jadi kemungkinan untuk tabrakan sangat kecil,  akan tetapi sedikit lebih lambat dan lebih mahal. Kereta api yang melayani rute Singapore – Kuala Lumpur adalah KTM (Keretaapi Tanah Melayu).

Ada 2 keberangkatan di pagi/siang hari dan 1 keberangkatan pada malam hari. Kereta api pertama ke KL (Ekspres Rakyat No.2) berangkat jam 8 pagi dan sampai di KL pukul 2.40 siang. Kereta kedua (Ekspres Sinaran Selatan No.6) berangkat pukul 15.05 (3.05 siang) dan tiba di KL pukul 21.57 (9.57 malam). Dan kereta api yang terakhir (Senandung Malam No. 12) berangkat jam 10 malam dan akan sampai di KL pukul 6.20 pagi. Pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, akan ada jadwal tambahan (Ekspres Tebrau No. 32) berangkatn pukul 10.30 pagi dan sampai di KL pukul 17.40 (5.40 sore).

Saran dari kami jika anda ingin menggunakan kereta api lebih baik ambil keberangkatan malam (overnight) jadi anda bisa tidur di kereta api. Jika anda ingin berangkat di siang hari lebih baik gunakan bus karena lebih cepat dan tingkat kenyamanannyapun hampir setara. Adapun saran lain lebih baik membeli tiket one-way untuk keberangkatan saja lalu pulangnya anda beli di Malaysia (KL) karena akan lebih murah.

Seperti halnya naik bus, ketika anda naik kereta apipun anda diharuskan turun di Woodlands Checkpoint untuk mengurus cap paspor / hal imigrasi. Anda diharuskan membawa barang-barang bawaan anda untuk diperiksa di Chekpoint sebelum anda kembali naik ke kereta api.

Ada 3 pilihan kelas untuk kereta api rute Singapura – KL yaitu Premier Night Deluxe, Standard Night, Premier Class Seats dan Second Class Seats & Economy. Untuk informasi lebih jelasnya silahkan baca di http://travelmalaysiaguide.com/singapore-kuala-lumpur-ktm-train-route/

Pilihan transportasi lainnya adalah naik bus. Sekarang ini ada banyak layanan bus Singapore – KL dengan menawarkan tingkat kenyamanan yang luar biasa. Bus-bus tersebut sudah di desain sedemikian rupa sehingga tempat duduknya seperti tempat duduk kelas bisnis di pesawat terbang dan juga ada banyak hiburan yang bisa anda nikmati di dalam bus tersebut.

Naik bus ke Kuala Lumpur memerlukan waktu tempuh sekitar 5 jam. Tarif bus berkisar antara $28 hingga $55 untuk kelas bus ekonomi dengan fasilitas standar AC. Tarif paling murah untuk keberangkatan pagi hari jam 5 pagi dan tarif paling mahal adalah malam hari untuk keberangkatan terakhir.

Ada banyak perusahaan angkutan yang melayani rute Singapore – Malaysia, anda bisa memilih mana yang paling dekat dari tempat anda menginap. Golden Mile Complex adalah pusatnya, anda bisa menemukan banyak pilihan jika anda langsung datang ke sini, adapun salah satu stasiun bus yang biasa didatangi oleh para pelancong yang ingin ke Malaysia adalah Singapore – Malaysia Coach Terminal yang berada di seberangnya Kallang Bahru Complex. Untuk ke tempat ini tanyakan terlebih dahulu di mana Kallang Bahru Complex karena banyak orang tidak familiar dengan nama terminal ini. Lihat di sini petanya.

Daftar perusahaan angkutan bus yang melayani rute Singapore – Malaysia (KL, Kedah, Genting,dll) :

- Aeroline Coach Service (Double Decker) berpusat di Harbour Front Centre.
First Coach berpusat di Novena Square.
Airebus berpusat di DFS Galleria Scotts Walk, Scotts Road
Transnasional Coach berpusat di Singapore – Malaysia Coach Terminal
Grassland Expres, Transtar Coach, berpusat di Golden Mile Complex
Konsortium Express & Tours berpusat di Golden Mile Complex dan Boonlay
– Lapan Lapan Travel berpusat di Park Royal Hotel (Kitchener), Singapore
Luxury Tours & Travel berpusat di Le Meridien (10 menit dari Somerset MRT)

Informasi lebih lengkap bisa dibaca di http://www.journeymalaysia.com/ptasingkl.htm

Catatan: Jika anda ingin berpergian ke Malaysia di hari libur besar seperti Tahun Baru, Lebaran, Hari Raya Imlek, dll sebaiknya anda membooking tiket dari jauh hari karena dari pengalaman yang sudah-sudah, susah sekali mendapatkan tiket jika ingin membeli pada hari H. Apabila anda tidak mendapatkan bus langsung dari Singapore, anda bisa pergi ke Johor Bahru terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan dari sana ke Kuala Lumpur atau kota-kota lainnya di Malaysia.

Jika ingin pergi ke Johor Bahru anda bisa naik MRT ke Kranji lalu anda bisa melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru dengan bus nomor 170 atau causeway link (busnya berwarna kuning terang).

causeway link bus

Jika anda sedang terburu-buru atau anda tidak ingin menghabiskan waktu liburan anda hanya untuk perjalanan Singapore – Malaysia (KL) anda bisa gunakan pesawat terbang. Saat ini sudah banyak penerbangan murah Singapore – Kuala Lumpur.

Klik Objek Wisata di Kuala Lumpur yang lainnya.