Melaka adalah sebuah kota tua yang dulunya pernah dijajah oleh 3 negara, Portugis, Belanda dan Inggris. Dengan begitu kota ini arsitektur gedung-gedungnya menjadi sangat menarik karena ketiga gaya arsitektur negara bekas penjajahnya bisa anda temukan di kota ini. Demikian juga dengan makanannya, ada makanan ala Portugis, Chinese, India, Western Food dan masih banyak lagi. Melaka terkenal dengan wisata kulinernya.

Sekilas sejarah kota Melaka, Portugis pertama kali mendarata di Melaka pada tahun 1511 dengan membawa pasukan sebanyak 1200 orang. Melaka langsung resmi menjadi tanah jajahan Portugis ditahun itu juga dan Melaka menjadi basis Portugis dalam upayanya untuk eskpansi ke India bagian timur. Lalu datanglah misionaris Francis Xavier ke Melaka untuk menyebarkan ajaran Katolik yang akhirnya nama misionaris ini dijadikan nama gereja, St. Francis Xavier church yang didirikan pada tahun 1849. Gereja Katolik yang tertua di sini adalah gereja St. Paul yang didirikan pada tahun 1710 di jaman pendudukan Belanda.

stadhuys_square

stadhuys

Tahun 1641 Belanda mengambil alih kota ini, mereka berkuasa dari tahun 1641 hingga 1795. Belanda sama sekali tidak membangun kota ini karena mereka memusatkan pembangunan di Batavia yang merupakan pusat kekuatan administrasi dan militer mereka. Akan tetapi mereka masih membangun satu gedung yang memiliki arsitektur Belanda yang diberi nama Stadthuys atau Red Building (Bangunan Merah).

Lalu pada tahun 1824 kota ini resmi menjadi koloni Inggris setelah terjadi pertukaran tanah jajahan dengan Bengkulu di Sumatera. Kota ini lalu menjadi bagian dari Negara Malaysia setelah Inggris tidak lagi berkuasa.

Kota tua Melaka ini adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Lihat di artikel objek / tempat wisata menarik di Melaka untuk informasi lebih lengkapnya. Tentunya tidak akan cukup jika berjalan-jalan di kota Melaka ini hanya dalam satu hari. Jadi anda sebaiknya mencari hotel di Melaka yang sesuai dengan budget liburan anda. Untuk cara pergi ke kota tua Malaka ini anda bisa membaca panduannya di cara pergi ke malaka.