Batu Caves yang terletak pada sebuah bukit batu kapur, 15 km di utara Kuala Lumpur adalah sebuah daya tarik bagi para pelancong yang terkenal di Selangor. Tujuan wisata terkenal ini dikunjungi pelancong dari seluruh dunia sewaktu menyambut perayaan tahunan penganut Hindu – yaitu event perayaan Thaipusam.

selangor_batu_caves

Batu Caves terdiri dari tiga buah gua besar, termasuk gua utama yang terdapat kuil Hindu yang dihiasi dengan ukiran halus. Salah satu pengalaman menarik di Batu Caves ialah pendakian 272 anak tangga menuju ke ruang gua utama.

Berdampingan dengan gua utama ialah Gua Ramayana dimana dinding di dalamnya terlukis gambaran-gambaran kisah mitos epik India. Bukit batu kapur ini juga merupakan tempat populer untuk kegiatan memanjat tebing batu.

Tips

Jalan menuju ke pintu gua tidak beratap, oleh itu pengunjung disarankan agar mengunjungi Batu Caves disaat pagi hari atau lewat sore hari ketika cuaca tidak begitu panas. Jangan lupa untuk mengunjungi gua-gua yang lebih kecil yang mengandung lukisan-lukisan dewa Hindu.

Transportasi

Anda boleh menaiki bus Intrakota No. 11 atau 11D dari Bangkok Bank di Jalan Tun H.S.Lee di tengah-tengah pusat kota KL. Walau bagaimanapun, adalah lebih mudah sekiranya anda menaiki taksi ke Batu Caves karena jika melakukan perjalanan menggunakan bus akan mengambil waktu yang lama.

Pusat Informasi

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Pejabat Pelancongan Kuala Lumpur di nomor : +603-2615 8188. Nomor Info Pelancongan : 1-300-88-5776

Penginapan

Kuala Lumpur yang menjadi pangkalan anda untuk tujuan ini menawarkan berbagai pilihan tempat penginapan dari asrama bagi para pelancong yang murah hingga hotel mewah bertaraf bintang-5. Silahkan lihat daftar hotel murah Kuala Lumpur untuk melihat daftar hotel di Kuala Lumpur.