Sejarah Negeri Sembilan

Orang-orang Minangkabau dari Sumatra, Indonesia sudah bermukim di Negeri Sembilan sejak abad ke-15, di bawah naungan Kesultanan Malaka, dan kemudian di bawah Johor. seiring dengan melemahnya Johor di abad ke-18, serangan-serangan pasukan Bugis memaksa pemukim Minangkabau meminta perlindungan raja tanah asal mereka. Raja Pagaruyung saat itu, Sultan Abdul Jalil, memenuhi permohonan tersebut dan mengirimkan Raja Melewar untuk memerintah Negeri Sembilan. map-negerisembilanNamun ketika sampai di sana ia menemukan Raja Khatib, yang sebenarnya dikirim sultan Pagaruyung untuk mempersiapkan kedatangan Raja Melewar, sudah mengangkat dirinya sendiri sebagai raja. Dengan bantuan para penghulu setempat Raja Melewar mengalahkan Raja Khatib untuk kemudian memerintah Negeri Sembilan. Sultan Johor mengkonfirmasi kedudukan Raja Melewar dengan menganugerahkan gelar Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan pada tahun 1773. Setelah wafatnya Raja Melewar serangkaian sengketa suksesi terjadi. Untuk waktu yang cukup lama para penghulu setempat meminta raja Pagaruyung untuk mengirimkan raja untuk mereka. Namun perbenturan kepentingan berbagai pihak mendukung calon yang berbeda-beda dan sering menyebabkan ketidakstabilan serta perang saudara.

Tahun 1873 Inggris mengintervensi dalam perang saudara di Sungai Ujong untuk melindungi kepentingan ekonominya, dan menempatkan negeri tersebut di bawah kendali residen Inggris. Jelebu menyusul tahun 1886, dan negeri-negeri sisanya pada 1895. Pada 1897, saat Persekutuan Tanah Melayu (Federated Malay States) didirikan Sungai Ujong dan Jelebu dipersatukan kembai ke dalam konfederasi. Semua negeri-negeri tersebut, di bawah nama lama Negeri Sembilan, dibawahi oleh satu residen dan menjadi anggota Persekutuan Tanah Melayu.

Banyaknta negeri di dalam Negeri Sembilan berubah-ubah. Saat ini Negeri Sembilan terdiri atas enam negeri, dan sejumlah negeri-negeri kecil di bawah kedaulatan mereka. Negeri Naning dianeksasi oleh Malaka, Kelang oleh Selangor, dan Segamat oleh Johor.

Negeri Sembilan diduduki Jepang selama Perang Dunia II antara 1941 sampai 1945. Tahun 1948 Negeri Sembilan bergabung dengan Federasi Malaya, dan menjadi negara bagian Malaysia pada 1963.

Sumber wikipedia.

Berikut tempat atau objek wisata yang ada di Negeri Sembilan:
Port Dickson Negeri Sembilan

Kawasan pesisir pantai Port Dickson (PD) terkenal sebagai tujuan liburan di akhir minggu. Warga kota ramai bertandang ke lokasi sini setiap ada waktu luang.

Jeram Gading Negeri Sembilan

Landskap indah hutan hujan tropis, arus sungai dan air terjun, berlatar belakang gunung dan bukit di sebelah Timur serta pantai berpasir putih di sebelah Barat merupakan gambaran bentuk wilayah Negeri Sembilan.

Air Terjun Lata Kijang Negeri Sembilan

Lata Kijang (sering kali dikenal dengan Kijang Jatoh) adalah salah satu air terjun dengan aliran terjun tertinggi di Malaysia. Air terjun ini terletak di kawasan Hutan Simpan Kenaboi di Jelebu.

Pantai Lagun Biru Negeri Sembilan

Pantai Lagun Biru yang tenang dan tersembunyi ini terletak di kaki bukit di Tanjung Tuan (Cape Rachado). Pemandangan pinggiran tanjung yang berhutan tebal serta laut yang membiru di sini amat mempesona. Terdapat beberapa jenis burung yang menjadikan kawasan ini menjadi tempat tinggal fauna, termasuk burung elang sawah yang sering kelihatan terbang mengelilingi kawasan ini.

Star-Fresh Agro Park Negeri Sembilan

Star-Fresh Agro Park ialah pusat pembelajaran tentang alam sekitar. Fasilitas ini dibuka sejak 1985, dan kini menjadi tumpuan untuk pelbagai aktivitas alam. Mempunyai kawasan seluas 12.1 hektar dan terletak di tepi jalan menuju Kuala Pilah, dari bandar Seremban.

Rembau Crystal Negeri Sembilan

Yayasan Negeri Sembilan telah menciptakan sebuah tempat unik di Daerah Rembau sebagai kompleks perkampungan kristal terbesar di Malaysia. Fasilitas ini dibuka pada 1 Desember, 2007.

Museum Tentara Darat Negeri Sembilan

Museum Tentara Darat, Port Dickson akan membawa anda menyingkap kembali berbagai khazanah, koleksi dan artefak yang pernah menjadi saksi sebuah perjuangan demi mempertahankan kedaulatan negara Malaysia.

Museum Daerah Tampin Negeri Sembilan

Bangunan satu tingkat yang dibangun sekitar tahun 1920 pada mulanya merupakan rumah seorang pegawai besar kerajaan. Ini merupakan museum daerah pertama yang dibangun di Negeri Sembilan.

Kompleks Kerajinan Tangan Negeri Sembilan

Kompleks kerajinan tangan ini dibangun bagi usaha pemeliharaan kekayaan budaya dan warisan masyarakat Negeri Sembilan. Hasil kerajinan tangan yang halus ini turut dipamerkan dan dijual di kompleks ini.

Kampung Stay Padang Lebar

Dulunya, Kampung (Kg) Stay Padang Lebar dikenal dengan nama Homestay Warisan. Terletak di Padang Lebar, Kuala Pilah. Kebudayaan Melayu dapat dilihat dalam segenap aspek di kampung ini, dengan ciri keunikan budaya Negeri Sembilan tersendiri.

Istana DiRaja Seri Menanti Negeri Sembilan

Istana DiRaja Seri Menanti terletak di kota bandar Sri Menanti, Negeri Sembilan. Istana yang dibuat dari kayu belian ini dibangun tanpa menggunakan sebatang paku-pun, dan masih berdiri kukuh hingga hari ini.

Homestay Kampung Pelegong Negeri Sembilan

Anda memiliki kesempatan datang ke kampung Melayu tradisional melanjutkan program Homestay Kampung Pelegong di Negeri Sembilan. Alami juga keramahan dan kemesraan tuan rumah dan jadilah salah seorang anggota keluarga mereka sambil mengambil bagian di dalam aktivitas harian mereka.

Silahkan klik di sini untuk melihat seluruh tempat wisata di Malaysia dan jika anda memutuskan untuk menginap di Negeri Sembilan ini, berikut daftar hotel dengan harga terjangkau di Negeri Sembilan (klik di sini untuk melihat).

Klik Objek Wisata Negeri Sembilan yang lainnya.

Selamat berkunjung!