Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang kenal tempat ini karena tempat ini masih belum begitu terkenal seperti Bali di mata para wisatawan mancanegara. Akan tetapi keindahan pulau ini sungguh luar biasa. Lautan biru dengan air yang jernih sehingga kita bisa melihat ikan-ikan di bawah air yang sedang berenang dengan jelas, pantai pasir putih yang luar biasa indah, suasana sekitar yang begitu damai… benar-benar seperti di surga. Mungkin saingan tempat ini di Indonesia hanya bunaken.

arc_marinelifeNgapain aja di Pulau indah ini? Di pulau ini anda bisa menikmati olah raga air seperti scuba diving, snorkeling, wind surfing, mancing, melihat pemandangan yang indah dan tempat yang cocok sekali untuk berbulan madu atau jika anda ingin foto prewedding ini adalah tempat yang sempurna untuk mengabadikan foto prewedding anda.

Jika anda pernah nonton film Hongkong keluaran sekitar tahun 2000 yang judulnya “Summer Holiday” yang diperankan oleh Richie Ren dan Sammi Cheng, nah Pulau inilah yang mereka pakai untuk shooting. Sangat indah bukan?

Disekitar pulau ini masih ada pulau-pulau kecil lainnya akan tetapi yang pulau yang besar yang boleh didirikan resort untuk tempat menginap para wisatawan hanya Pulau Redang dan Lang Tengah. Pemerintah sangat menjaga pulau ini dari tangan-tangan jahil yang bisa menyebabkan ekosisitem di sekitar daerah ini menjadi rusak. Dengan demikian keindahan dan kealamian tempat ini tetap terjaga hingga saat ini.

Cara ke Pulau Redang:

Via Udara

Berjaya Air menyediakan penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Subang Airport setiap harinya, jarak tempuh sekitar 70 menit. Juga disediakan penerbangan langsung dari Singapore ke Pulau Redang dari Seletar Airport Singapore, jarak tempuhnya sekitar 90 menit.

Via Laut

Hampir semua resort sudah menyediakan transportasi kapal, baik dari Kuala Terengganu atau Tanjung Merang ke Pulau Redang dalam paket mereka. Anda juga bisa menyewa kapal dari Pulau Perhentian atau Pulau Lang Tengah.

Dari Kuala Terengganu – Dermaga Shahbandar

Dermaga Shahbandar masih di dalam kota di Kuala Terengganu yang letaknya cukup dekat dari terminal bus dan sekitar 30 menit dari bandara udara. Anda bisa menggunakan taksi atau biasanya resort yang sudah anda booking akan menyediakan transfer dari Kuala Terengganu Airport ataupun terminal bus.

Resort di Pulau Redang sudah memiliki jadwal kapalnya sendiri atau anda bisa gunakan kapal feri. Jika menggunakan kapal feri anda harus membayar sekitar 95 ringgit untuk tiket pulang pergi dan jarak tempuhnya sekitar satu setengah jam. Ada 2 hingga 3 keberangkatan setiap harinya (9.30, 12.00 dan 17.30) dan akan lebih banyak lagi di musim liburan.

Catatan: Anda hanya bisa menemukan toko dan atm di Kuala Terengganu, di Pulau Redang anda tidak akan menemukan bank ataupun mesin atm.

Dari Dermaga Tanjung Merang

Tanjung Merang adalah sebuah desa pemancingan kecil yang letaknya sekitar 45 menit ke arah utara dari Kuala Terengganu dan dermaganya hanya beberapa menit dari kampung tersebut. Anda bisa naik bus atau taksi dari Kuala Terengganu atau anda bisa meminta pihak resort untuk mengatur transportasi transfer dari Kuala Terengganu Airport atau terminal bus.

Keberangkata speedboat dari sini biasanya sudah diatur oleh pihak resort anda dan jarak tempuhnya sekitar 40 hingga 50 menit. Anda juga bisa menyewa kapal dari Merang ke Redang tapi biayanya cukup mahal.

Ada beberapa toko yang menjual souvenir dan makanan kecil di dermaga. Juga ada toko yang cukup nyaman dan mesin ATM di salah satu pom bensin yang jaraknya sekitar 5 menit dari dermaga.

Cara pergi ke Kuala Terengganu

Via Udara

Air Asia dan Malaysia Airlines menyediakan beberapa penerbangan setiap harinya dengan jarak tempuh sekitar 50 menit dari Kuala Lumpur ke Kuala Terengganu.
Firefly menyediakan penerbangan langsung setiap harinya dari Kuala Lumpur (Subang Airport) dan Penang ke Kualan Terengganu.

Jalan Darat / Dengan Bus

Dari Singapore bus berangkat dari stasiun bus Lavender atau Golden Mile Complex, bus dioperasikan oleh Transnational dan Konsortium Express & Tours. Harga tiketnya sekitar SGD 40 hingga SGD 70 (tergantung kelas, agar perjalanan anda nyaman lebih baik ambil kelas yang bagus sehingga selama diperjalanan anda bisa nonton film, main game dengan demikian perjalanan 10 jam tidak akan terasa) dan jarak tempuh sekitar 10 jam. Bus biasanya berangkat pagi-pagi sekali atau malam hari agar anda bisa tidur di perjalanan dan tidak memakan waktu.

Dari Johor Bahru bus akan berangkat dari stasiun bus Larkin. Ada beberapa pilihan bus seperti Transnational, Damai, Adik Beradik dan Cepat express. Tiket berkisar antara 40 ringgit dan perjalanan akan memakan waktu sekitar 9 jam. Bus akan berangkat subuh atau malam sekali untuk perjalanan di malam hari.

Dari Kuala Lumpur bus akan berangkat dari stasiun bus Hentian Putra. Beberapa pilihan bus tersedia seperti Transnational, Damai, Konsortium, Plusliner, Sutera dan Mutiara. Tiket berkisar antara 30 ringgit dan jarak tempuh KL – Terengganu sekitar 7 jam. Bus akan berangkat subuh atau malam sekali untuk perjalanan di malam hari.

Dari Penang bus berangkat dari stasiun bus Komtar atau Butterworth dan dioperasikan oleh SP Bumi atau Atieza. Harga tiket sekitar 35 ringgit dan waktu tempuh perjalanan sekitar 9 jam. Bus akan berangkat subuh atau malam sekali untuk perjalanan di malam hari.

Hotel atau Resort di Pulau Redang

Penginapan yang kami rekomendasikan adalah Laguna Redang Island Resort. Resort ini menyediakan Hotel/Airport transfer sehingga anda tidak perlu repot-repot lagi mencari transportasi untuk mencapai pulau redang ini. Harga yang kami berikan juga lebih murah dibandingkan dengan anda booking langsung atau lewat agen lainnya.

Hotel Murah di Pulau Redang

Klik Objek Wisata Trengganu yang lainnya.

Selamat berkunjung!