Bukit Lambir sangat populer di kalangan ahli ekologi dan para peneliti. Taman negara ini mempunyai luas 7,000 hektar dan kawasan seluas 52 hektar memiliki 1,050 spesies pohon dan setiap pohon menampung 1,000 spesies serangga!

Ahli ekologi berpendapat bahwa terdapat banyak lagi spesies tumbuhan dan serangga di taman negara ini yang belum dikenal. Taman negara yang menakjubkan ini adalah taman yang paling sering dikunjungi di Sarawak dimana jaraknya hanya 30 menit perjalanan dari Miri.

big_sarawak_lambirhillDalam kegairahan anda untuk mengunjungi Mulu atau Niah, anda tidak harus melewatkan peluang untuk mengunjungi Lambir. Hutan Lambir menjadi tempat tinggal berbagai jenis hewan termasuk ungka, kera hantu, babi hutan, tupai terbang, rusa, 157 jenis burung dan harimau dahan yang cantik.

Anda akan melihat kehidupan liar sambil anda menelusuri jalur-jalur trek hutan di taman negara ini. Jalur trek hutan ini merupakan yang terpanjang dan paling berliku menuju ke puncak Bukit Lambir (465 meter), namun pemandangan hebat hutan hujan di bawahnya membuatkan pendakian ini sangat berkesan.

Disini terdapat sebuah menara pohon setinggi 40m di mana anda bisa melihat nadi kehidupan dalam hutan secara dekat. Taman ini juga sesuai untuk aktivitas pengamatan burung.

Kedudukannya yang berdekatan dengan kota Miri membuat taman negara ini jadi tujuan yang sesuai untuk kunjungan sehari tetapi jika anda ingin memperhatikan kehidupan liar sesuai kesenangan anda, tempat penginapan bisa ditempuh di pusat taman.

Tips

Bawalah pakaian mandi anda karena taman ini mempunyai kolam tempat berenang di kaki air terjun yang hebat dan mudah dikunjungi. Ini adalah cara terbaik untuk menyegarkan diri anda dalam hutan yang mempunyai cuaca panas lembab.

Transportasi

Taman ini terletak hanya setengah jam dari Miri dan amat mudah untuk datang ke sini. Pusat taman ini terletak berdekatan jalan Miri-Niah. Anda hanya perlu menaiki bus ke Bintulu atau Bakong di Miri. Anda juga mungkin memilih untuk kunjungan bersama guide yang bertolak dari Miri pada waktu pagi hari dan kembali selepas tengah hari. Penginapan semalaman juga bisa diatur jika anda mau. Anda juga bisa menyewa taksi untuk membawa anda kesana.

Nomor Untuk Dihubungi

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Pejabat Pelancongan Sarawak di nomor : +6082-246 575 / 775 atau email ke: mtpbkch@tourism.gov.my

Penginapan

Terdapat sebuah rumah peristirahatan di taman negara ini. Anda juga mempunyai pilihan untuk bermalam di kota bandar Miri yang menawarkan berbagai jenis tempat penginapan hanya 45 menit dari taman negara tersebut.