Taman Negara Gunung Mulu mengandung rangkaian-rangkaian gua yang terpanjang di dunia dan disini juga terletak ‘Sarawak Chamber’ yaitu ruang bawah tanah terbesar di dunia yang bisa menampung empat puluh buah kapal terbang Boeing 747.

big_mulu2Anda juga bisa mengunjungi Gua Rusa yaitu gua yang mempunyai terowongan yang terbesar di dunia yang bisa memuat lima buah gereja besar berukuran gereja Saint Paul di London.

Satu lagi daya tarik utama disini ialah Gua Air Jernih yaitu gua terpanjang di Asia Tenggara. Gua-gua yang besar ini menjadi tempat tinggal berjuta-juta ekor kelelawar dan burung layang-layang yang terbang keluar bergerombol menuju ke hutan setiap waktu senja!

Pengunjung yang gemar akan suasana alam akan merasa kagum dan terpesona melihat contoh terbaik bentukan batu kapur tropika termasuk kawasan rabung batu kapur yang tajam serta ngarai yang dalam yang diberi gelar ‘The Pinnacles’.

Resort disini menawarkan berbagai pilihan pendakian yang cukup sulit tetapi pasti memuaskan hati. Pengunjung disarankan menggunakan jasa pemandu pendakian dan pengangkut barang.

Tips

Pastikan anda sampai di Gua Rusa menjelang jam 6 petang untuk menyaksikan pemandangan hebat berjuta-juta ekor kelelawar yang terbang keluar dari gua untuk mencari makanan di dalam kegelapan malam. Tetapkan kamera anda pada tahap ASA 800 untuk mengambil gambar ‘pertunjukan’ ini dengan jelas karena lampu kamera anda tidak dapat membantu dalam usaha menangkap gambar ini.

Transportasi

Anda juga bisa menaiki kapal boat ekspres dari Kuala Baram (perjalanan selama tiga jam) ke Marudi. Dari Marudi, naik boat ekspres komersial ke Kuala Apoh atau Long Panai di Sungai Tutoh (sebatang anak sungai Baram). Kapal boat ekspres ini bertolak dari Marudi setiap hari pada waktu siang dan kembali ke Marudi pagi hari keesokan harinya. Perjalanan ini memakan waktu kira-kira tiga jam.

Perusahaan Penerbangan Malaysia (MAS) mengendalikan tiga penerbangan harian dari Miri ke Mulu (penerbangan selama 30 menit). Baru-baru ini, sebuah anak perusahaan Air Asia yaitu FAX juga telah memulai penerbangan ke Mulu.

Pusat Informasi

Untuk informasi lebih lanjut, silakan buka situs web: www.mulupark.com/

Penginapan

Selain dari resort utama di taman negara yaitu Royal Mulu Resort terdapat juga asrama-asrama, kabin-kabin malah sebuah rumah panjang berhawa dingin untuk pilihan anda.