Warisan panganan Malaysia ditarik dari masing-masing budaya yang ada di Malaysia serta dari negara-negara tetangga untuk menghasilkan apa yang banyak orang anggap sebagai masakan paling lezat di seluruh dunia. kuliner1Secara internasional – yang dikenal sebagai masakan Cina Kanton dan masakan India Selatan secara signifikan menjadi sumber warisan kuliner malaysia, seperti halnya leluhur masakan Thailand. Buah-buahan tropis yang segar dan makanan laut Malaysia yang lezat ditampilkan bersama bumbu, dan cabai dan kari dari India dan Thailand membentuk dasar mempersiapkan makanan pedas. Santan ditemukan di banyak makanan Malaysia, memberikan kelezatan yang lembut untuk masakan kari dan hidangan lainnya.

Andalan dari setiap makanan Malaysia adalah beras. Pada setiap acara makan, nasi selalu menyertai pilihan hidangan, termasuk ikan, makanan laut, sayuran, dan unggas. Daging sapi sering absent dari masakan, seperti umumnya di banyak negara Asia. Masing-masing resep berbeda-beda dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. Bahan dasar mungkin sama, tetapi metode memasak dan penyajian berbeda seiring perubahan selera di masing-masing negara bagian dan menghasilkan hasil yang khusus.

Favorit abadi orang Malaysia adalah nasi lemak (semacam nasi uduk), rasanya sangat berbeda antara yang di Kedah, dan yang di Johor atau Selangor. Orang harus menikmati dengan seksama untuk benar-benar menghargai keanekaragaman persiapan hidangannya.

Sarapan adalah makanan utama satu hari, bukan untuk mengabaikan camilan. Makan malam berupa nasi kandar wangi, kari ikan disajikan dengan daging dalam saus cabai dan telur rebus. Atau coba nikmati nasi dagang, nasi ketan yang dimasak dalam santan, disajikan dengan kari ikan, sambal kelapa, dan acar mentimun.

kuliner3Makanan yang nikmat dan murah dapat diperoleh hampir dimana saja di Malaysia, terutama karena kekuatan dan kios makanan yang ada dimana-mana. Apakah itu di desa, kota kecil, atau kota besar, pengunjung dapat menemukan kios yang menawarkan santapan menggugah selera. Makan di sebuah kereta dorong atau di pinggir jalan mungkin terdengar sederhana dan tak berarti, tetapi di Malaysia makan makanan di warung pinggir jalan adalah kegiatan yang disukai. Warung adalah tempat terbaik yang populer dan ramai dan juga sebagai restoran permanen – Mobil VW hingga BMW sama-sama diparkir di dekat warung, dan pemilik warung akan menepuk bahu para konsumen saat antrean makan sedang panjang. Beberapa warung buka dari pagi hingga sore, sementara yang lain buka dari malam hingga fajar. Lainnya buka sepanjang waktu, tujuh hari seminggu.

Berikut ini adalah contoh masakan Malaysia, banyak dari hidangan ini tersedia di warung makanan. Warung-warung akan mendatangi pemandangan anda, dan jika anda melihat warung yang terlihat bagus, jangan sungkan untuk singgah. Anda mungkin tidak akan melihat warung itu lagi selama masa tinggal anda di Malaysia.

Sate: Hidangan yang paling populer di Malaysia. Potongan daging seukuran gigitan, sapi, kambing atau ayam direndam dalam rempah-rempah, kemudian ditusuk potongan bambu tipis, dan dipanggang di atas api arang. Sate ini disajikan dengan ketupat (rice cake) dan salad mentah mentimun, nanas, dan bawang. Teh manis, saus kacang pedas menyertai hidangan.

kuliner2Nasi Lemak: Hidangan nasi yang dimasak dalam santan. Disajikan dengan ikan Bilis (ikan asin), sambal, telur rebus, kacang goreng dan irisan ketimun. Ini juga merupakan hidangan sarapan yang populer.

Roti Canai: Sarapan favorit orang Malaysia dari waktu ke waktu. Terbuat dari adonan tepung gandum, roti canai kadang-kadang dicampur telur kocok dan bawang berpotongan dadu untuk membuat panekuk yang krispi.

Nasi Dagang: Hidangan sarapan yang populer di negara bagian Kelantan dan Trengganu. Nasi Brastari dan kari ikan adalah elemen sederhana namun lezat pada hidangan ini.

Nasi Goreng (Fried Rice): Sebuah hidangan nasi lengkap dengan potongan-potongan daging, udang, telur dan sayuran.

Rojak: Salad nanas, ketimun, kacang panjang, udang goreng dan telur rebus, disajikan dengan saus kacang.

Char Kway Teow: Bihun tawar digoreng dengan bawang putih cincang halus, udang segar, tauge, kerang dan telur, dibumbui dengan kecap dan pasta cabai.

Nasi Ayam (Chicken Rice): Ada beberapa variasi dari nasi ayam, tapi yang paling populer adalah versi Hainan. Ayam disajikan dengan nasi yang telah dimasak dalam kaldu ayam. Bawang putih, saus cabai, ketimun iris dan daun ketumbar memberikan tekstur yang segar dan rasa tak tertahankan terhadap hidangan ini.

Kari Laksa: Hidangan mie disajikan dalam kari, dicampur ayam rebus, kerang, tahu dan tauge untuk sajian yang mengejutkan lidah.

Rendang: Jenis hidangan daging ini butuh waktu berjam-jam untuk mempersiapkannya. Daging, santan, cabe bawang dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, ketumbar dan pala dimasak dengan api kecil. Hasilnya adalah suatu sajian yang lembut dengan rasa halus dan kompleks. Dimakan dengan nasi ketupat (rice cake) atau lemang (beras ketan dimasak dengan santan).

kuliner4Steamboat: Hidangan sepenuhnya disajikan dalam satu wadah sajian. Penikmat duduk mengelilingi meja yang memiliki wadah atau panci sup ditengah meja. Api di bawah meja memastikan wadah tetap panas mendidih. Seseorang lalu menyiapkan potongan-potongan udang mentah, ayam, telur puyuh, timun laut dan hati dalam sup mendidih.

Hidangan menggiurkan yang bebas dari daging dapat ditemukan di restoran vegetarian Buddhis atau di restoran daun pisang khas India Selatan. Ketimbang di piring dan peralatan makan, makanan akan disajikan kedepan anda diatas daun pisang dan menggunakan tangan anda untuk makan.