Malaysia merupakan salah satu negara tujuan wisata di Asia, selain Indonesia, Hongkong, Singapura, China dan negara-negara eksotis lainnya. Untuk membuat liburan yang akan Anda lakukan menjadi menyenangkan, patut kiranya untuk mengetahui banyak ihwal negara yang akan dikunjungi. Anda perlu untuk mengetahui, informasi pariwisata, kesehatan, nomor penting, kantor pemerintahan, kantor keduataan besar, sampai mata uang resmi dari negara yang bersangkutan.

Sebagaimana diketahui bahwa mata uang resmi Malaysia ialah Ringgit Malaysia (RM). Saat ini jika dikurskan dengan Dollar Amerika, 1US$ = RM 3.8. Ringgit Malaysia ini memiliki pecahan uang kertas yang bernilai RM50, RM20, RM10, RM5, RM2, dan recehannya 50 sen, 20 sen, 10 sen, 5 sen, dan 1 sen. Nama Ringgit asal mulanya berasal dari sisi bergigi perak Spanyol yang ketika itu digunakan secara meluas.

Aspek Sejarah Ringgit

Nama Ringgit sebagai mata uang Negeri Jiran mulai berlaku sejak Agustus 1975. Dimana sebelumnya nama mata uang ini dikenal sebagai dollar dalam bahasa Inggris—dan Ringgit dalam bahasa Melayunya. Ketika itu, simbolisasi $ masih digunakan sampai akhirnya diubah secara total menjadi RM sebagai kependekan dari Ringgit Malaysia mulai tahun 1990-an.

Pasca terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1997-1998, uang resmi Ringgit Malaysia ini dipatok pada nilai yang tetap yakni RM3.80 perdollarnya. Pada Juli 2005, bank nasional Malaysia kemudian memutuskan untuk mengembangkan mata uang Ringgit terhadap beberapa mata uang besar dimana hal tersebut dilakukan pada hari yang sama terjadinya revaluasi Yuan Negeri Tirai Bambu China.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa mata uang Ringgit Malaysia pernah juga dipakai di Indonesia pada tahun 1970-an. Ketika itu, pecahan satu Ringgitnya memiliki nilai dua setengah rupiah. Demikian juga bahwa Ringgit dimasa Kesultanan Deli juga dipakai sebagai satuan keuangan dengan memiliki nilai dua kupang. Nah, itulah sekilas sejarahnya ihwal penggunaan mata uang Ringgit yang kini menjadi mata uang Malaysia. Anda yang akan pergi ke Malaysia semestinya mengetahui terlebih dahulu kurs Ringgit dengan mata uang yang Anda bawa supaya bisa memperhitungkan berapa uang yang semestinya Anda bawa ke Negeri Jiran tersebut.

Selamat Berkunjung!