Batu Caves merupakan salah satu tujuan wisata cukup populer di Selangor, yang berjarak sekitar 13 km dari Kualau Lumpur, Ibukota Malaysia. Di Batu Caves banyak terdapat kuil Hindu karena memang lokasi ini dijadikan sebagai tempat ibadah suci umat Hindu di Malaysia. Selain itu, hal menarik lainnya yakni adanya patung Dewa Murugan yang menjulang tinggi mencapai 43 meter yang konon merupakan patung Dewa Hindu yang tertinggi di dunia.

Batu Caves memiliki tiga gua utama dan satu gua kecil. Anda yang datang kesini juga berkesempatan untuk melihat ribuan kelelawar yang berada didalam gua, yang bagi sebagian orang cukup menggelikan bahkan menakutkan. Tempat yang paling menarik disini dan biasanya kerap dijadikan lokasi berfhoto oleh pengunjung ialah kuil utama yang baru bisa dicapai setelah menaiki tangga jangkung sebanak 272 anak tangga. Bayangkan!! Makanya, bagi yang sudah tua dianjurkan untuk tidak ikut-ikutan naik kuil utama ini.

Sebagai tempat beribadahnya umat Hindu tentu sudah sewajarnya kalau tempat ini dijaga oleh para pendeta Hindu. Bagi Anda yang bukan beragama Hindu, biasanya pendeta juga akan mengajak untuk turut bersembahyang bersama di kuil, serta di dahi Anda akan ditempeli semacam cap atau tanda yang biasa kita saksikan dalam film-film India. Laiknya bersama artis, pengunjung juga bisa berfhoto bersama sang pendeta yang ada di Batu Caves. Namun sayangnya, Batu Caves meskipun kerap dikunjungi banyak orang namun lokasi wisata-religi ini terbilang jorok dimana banyak sampah yang bertebaran dimana-mana.

Secara berkala, di Batu Caves kerap diadakan festival yang biasanya diadakannya sekitar bulan Februari. Festival yang dinamakan Thaipusam ini terbilang festival yang cukup menyeramkan karena kerap menggelar atraksi-atraksi yang aneh semisal orang yang kesurupan atau ada orang yang ditempeli paku ditubuhnya dan diseret-seret. Dan jagan heran ketika menggelar festival ini, Batu Caves akan menjadi lautan orang dimana mereka berdatangan dari berbagai penjuru.

Akses

Jaraknya sekitar 13 km saja dariKuala Lumpur, dan lebih mudah menggunakan taksi dengan biaya antara RM10 – RM15. Kalau naik bus rutenya dari Stasiun Titi Wangsa ambil Rapid KL rute U6. Atau kalau dari China Town Petaling Street Anda tinggal naik bus Nr 70 dan 349.

Klik Objek Wisata Selangor yang lainnya!

Selamat Berkunjung!