Kuil Sri Mahamariamman merupakan tempat yang disucikan oleh umat Hindu. Bangunan suci ini dibangun oleh Thambusamy Pillai pada tahun 1873 dan pada awalnya merupakan kuil pribadi keluarga Pillai. Dan seiring berjalannya waktu, sekitar tahun 1920 baru kemudian kuil ini dibuka untuk umum dan pengurusannya diserahkan seluruhnya kepada pihak yayasan yang secara khusus mengelola Kuil Sri Mahamariamman ini. Mahamariamman merupakan kuil India tertua di Malaysia dan banyak dikunjungi oleh umat Hindu juga kalangan wisatawan baik domestik maupun asing.

Sri Mahamariamman pada awalnya berlokasi didekat KL Railway Station, yang kemudian dialihkan ke Jalan Tung HS Lee, yang kebetulan lokasinya berdekatan dengan Chinatown. Itu terjadi pada tahun 1885. Struktur kuilnya menyerupai bentuk manusia yang berbaring dengan posisi kepalanya berada di Barat dan kakinya di Timur. Tak lupa pula ada menara yang berbentuk Piramida yang dihiasi dengan patung dewa dan dewi diukir oleh pengukir dari India bagian Selatan. Bangsa Tamil memandang bahwa Sri Mahamariamman sebagai wakil dari Parvati atau Dewi Ibu.

Bagi Anda yang berminat berkunjung kesini, banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari berfoto untuk mengabadikan momen terbaik yang mungkin tak akan terlupa dalam kehidupan Anda, mengagumi struktur bangunan kuil yang sangat mengagumkan, menelisik aspek sejarah dan kandungan filosofis ajaran Hindu yang terkandung dalam bangunan ini. Anda bisa bertanya kepada penjaga kuil ihwal detil bangunan Sri Mahamariamman ini untuk mengetahui lebih dalam lagi aspek-aspek apa saja yang menarik dari kuil suci ini.

Kuil Sri Mahamariamman ini pantas untuk masuk dalam salah satu list kunjungan Anda ketika sedang berada di Kuala Lumpur. Dengan banyak berkunjung ke lokasi-lokasi yang mengandung banyak nilai sejarah dan relijiusitas memungkinkan Anda merenungi kehidupan yang fana ini.

Lokasi

Kuil Hindu Sri Mahamariamman berlokasi di Jalan Tung HS Lee (Jalan Bandar), 50050, Kuala Lumpur, Malaysia.

Klik Objek Wisata di Kuala Lumpur yang lainnya.

Selamat Berkunjung!