Meskipun banyak yang merekomendasikan supaya menggunakan jalur udara atau air ketika hendak berkunjung ke Pulau Langkawi, namun banyak juga wisatawan yang ternyata enjoy dengan menggunakan jalur darat (meskipun nantinya tetap harus menggunakan jalur air karena kendaraannya ditinggal atau bahkan dimasukkan kedalam feri).

Kalau perjalanan dilakukan dari Kuala Lumpur ke Kuala Kedah maka membutuhkan waktu sekitar enam jam dan sekitar tujuh jam menuju Kuala Perlis. Dari tempat-tempat tersebut Anda kemudian bisa mencapai Langkawi dengan menggunakan kapal feri yang tersedia. Karena kawasan Langkawi merupakan daerah kepulauan sehingga cara terbaik untuk mencapainya ialah dengan menggunakan akses air. Bahkan kalau Anda menggunakan bis sekalipun maka harus tetap menggunakan feri sebagai moda transportasi yang ideal dan terbaik.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi—kalau berkendara dari Kuala Lumpur, Johor Bahru atau Singapura—harus mengikuti jalur terdekat ke Terminal Jetty. Setelah Anda mencapai Kedah maka sebisa mungkin mengikuti tanda-tanda ke “Alor Setar Selatan” dan “Langkawi”. Baru setelah Anda mencapai Kuala Perlis atau Kuala Kedah maka Andapun bisa segera meninggalkan mobil yang digunakan di sebuah garasi umum dengan mengeluarkan biaya sekitar 8RM/ harinya. Kemudian Andapun naik ke feri untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Langkawi yang indah  dan menjadi impian banyak orang.

Sesampainya di sana seandainya ingin mengeksplorasi berbagai keindahan dan pesona Langkawi maka bisa kemudian menyewa mobil di Kota Kuah. Adapun mobil-mobil populer yang biasanya disewa oleh kalangan wisatawan ialah mobil Proton dan Perdua yang merupakan mobil nasional Malaysia. Patut diketahui bahwa jalan-jalan di Langkawi sangat baik sehingga memungkinkan Anda untuk berkendara dengan lancer tanpa hambatan apapun. Andapun bisa benar-benar menikmati keindahan pemandangan yang ada didepan mata ketika mengemudi. Dua hal yang perlu Anda perhatikan ketika berkendara di pulau ini yakni surat izin mengemudi yang valid dan juga peta pulau supaya tidak tersesat dijalan.

Klik disini untuk mengetahui kewisataan di Pulau Langkawi lainnya!

Selamat Berkunjung!