minyak beku beach johor

Memancing di Minyak Beku Beach Johor adalah kegiatan yang paling umum dilakukan di pantai ini saat akhir pekan atau liburan panjang. Pantai Minyak Beku memang tidak seperti pantai-pantai yang lainnya yang sangat cocok untuk berenang. Pantai ini adalah surganya bagi para penggemar memancing.

minyak beku beach johor2Pantai Minyak Beku adalah spot paling baik untuk urusan kegiatan memancing. Sejarah lokal menyebutkan bahwa kawasan pemukiman Minyak Beku didirikan oleh Daeng Ahmad, keturunan jauh kesultanan Bugis, pada tahun 1811. Di bawah pemerintahan Dato ‘Temenggung Abdul Rahman Sri Maharaja Johor, pemerintahan Johor bermaksud hendak menyelesaikan pemukiman yang akan dibuat di pantai barat Johor. Daerah yang akan dibuka untuk pemukiman ini, merupakan tempat berdirinya sebuah pohon keruing tinggi yang akan mengeluarkan getah berwarna kuning yang menggumpal dengan mudah. Daerah tersebut pada akhirnya dikenal dengan nama Minyak Beku (yang secara harfiah berarti ‘minyak yang menggumpal).

minyak beku beach johor3Meskipun pantai Minyak Beku sangat tidak cocok untuk berenang, cobalah memancing di Minyak Beku Beach Johor. Pantai ini memang dikenal sebagai tempat yang bagus untuk kegiatan memancing sembari menikmati udara yang sejuk. Di dekat pantai desa nelayan tua serta tambang bekas. Pengunjung dapat melihat sekilas pemandangan tempat pengolahan batu atau pengolahan pasir. Beberapa tempat menarik di sekitar Pantai Minyak Beku bisa Anda kunjungi, seperti pemukiman Orang Asli Malaysia, desa nelayan Cina Segenting. Pantai Minyak Beku sendiri berjarak sekitar 8 km dari kota Batu Pahat.

Mengunjungi pantai ini dengan kendaraan umum, dapat dilakukan dari North South Expressway (NSE), mengambil jurusan Peng Yong dan keluar di Interchange 241. Setelah melewati Tongkang Pecah baru masuk ke kota Batu Pahat dengan jarak tempuh sekitar 28km. Dari kota Batu Pahat, Anda dapat menumpang taksi ke pantai Minyak Beku. Jangan lupa siapkan peralatan memancing ketika berkunjung ke pantai Minyak Beku. Hasil pancingan Anda bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman yang menunggu di rumah.

Klik Objek Wisata Johor yang lainnya!

Selamat berkunjung!